Kamis, 10 Juli 2014

Peran Perempuan ^_^ #KII


Kajian kali ini mengangkat tema perempuan yang difasilitatori oleh IMMawati Dyah Prabaningrum. Sebagai pembukaan beliau menceritakan kisah istri-istri Rosulullah yang patut diteladani antara lain : kisah Aisyah, kisah khadijah dan kisah ummu salamah.
Aisyah, salah satu istri nabi yang paling berperan penting dalam dakwah Rasulullah dan merupakan istri yang paling muda. Beliau selalu menunjukkan kemanjaanya pada Rasulullah. Dan disebutkan juga ciri istri sholihah adalah apabila dipandang itu menyenangkan, apabila diperintah itu patuh dan apabila dipanggil itu manja. Ya memang kata manja harus melihat bagaimana konteksnya. Tapi dalam membangun keharmonisan suami-istri salah satunya manja itu sendiri.
Diceritakan juga mengenai istri Rosulullah yang pertama yakni Khadijah, dimana Khadijah sendiri adalah istri yang cerdas dan pintar dalam mengatur keuangan. Khadijah memang selalu terlihat pintar didepan Rosulullah, tapi khadijah tak pernah menyombongkan hal itu, hanya saja Rosulullah lah yang menyadari sendiri bahwa khadijah lebih pintar darinya.
Lalu diceritakan juga mengenai ummu salamah yang merupakan janda dari abu salamah yang syahid dalam membela agama Allah. Ummu salamah kemudian menjadi istri rosulullah. Sebelumnya ummu salamah tidak ingin menikah lagi karena beliau sangat setia dengan suaminya. Tapi sebelum abu salamah wafat di medan perang, beliau pernah berucap bahwa karena dia sangat mencintai istrinya beliau mengijinkan ummu salamah untuk menikah lagi bila abu salamah syahid di di medan juang. Kemudian sahabat-sahabat beliau melamar ummu salamah, tapi dengan bijaksana beliau menolak. Kemudian ketika Rasulullah melamarnya, dia beralasan karena sudah tua, tapi nabi menjawabnya dengan mengatakan bahwa nabi pun sudah tua, mari tua bersama-sama. Ummu salamah dikenal sebagai salah satu istri nabi yang paling bijaksana. Beliaulah yang menentramkan hati istri-istri nabi dan mendiskusikan permasalahan rumah tangga dengan baik.
Selanjutnya dibahas juga mengenai peran istri dalam rumah tangga, antara lain adalah, istri adalah dia yang mampu diajak diskusi, memecahkan masalah dengan solusi, dan tanpa melibatkan emosi. Sebelum datangnya islam, peran perempuan sangat diremehkan, bahkan tak dianggap dan dalam beberapa kisah, bayi perempuan yang lahir justru dikubur hidup-hidup.
Kemudian setelah islam datang, perempuan sedikit demi sedikit dijunjung dan kebudayaan serta stereotip yang membawanya pelan-pelan dikikis. Perempuan diangkat derajatnya sebagaimana seharusnya. Kesetaraan antara laki-laki dan perempuan telah diatur sedemikian rupa dalam islam.
Mengenai perjuangan kesetaraan perempuan dengan laki-laki di barat, pertama kali diawali oleh kaum berkulit hitam yang menuntut haknya. Kemudian berlanjut lagi sampai pada akhirnya istilah feminisme itu muncul, hingga sampai sekarang ini. Tapi feminisme di barat sekarang ini justru menjadi feminisme yang terlampau jauh dan berlebihan. Sesungguhnya banyak contoh yang bisa kita saksikan sendiri. Sebenarnya ketika peran perempuan itu diberikan sebagaimana porsinya, manfaatnya, dan kebaikannya, perempuan benar-benar akan terjunjung martabatnya dan akan memberikan kebaikan dimana-mana. Hal ini dikarenakan perempuan mempunyai pemikiran yang lebih baik daripada laki-laki.
Mengenai apa yang menyebabkan kebanyakan wanita masuk neraka adalah antara lain, mereka mengkufuri nikmat-nikmat yang diberikan Rabb-Nya dan enggan mensyukurinya, kesombongan perempuan juga merupakan salah satunya. Kecenderungan sifat sombong yang muncul saat berada lebih dari pada lelaki ataupun pasangannya. Hal itulah kenapa seharusnya lelaki mengkhawatirkan kesombongan wanitanya. Untuk alasan-alasan itu Rasulullah menganjurkan para wanita untuk lebih banyak bersedekah.
Kemudian sebagai penutup, dikemukakan juga apa sebenarnya beriman itu. Beriman itu tidak akan putus asa pada Rahmat Allah, selalu mengingat Allah serta selalu berusaha mencari ridha Allah, memperbaiki diri dan tawakkal pada Allah.
quote note IMMawati Praba " perempuan memiliki potensi setara bahkan lebih saat ia mau mengoptimalkan pemikirannya.."
Semoga Bermanfaat :D Billahi fi sabilil haq, fastabiqul khairot.

 Writer : Olg || Post : Cha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar